Rakernas Bapenda 2019 Berakhir 

Kepala Bapenda Se-Indonesia Tinjau Pelayanan Pajak di MPP 

Kepala Bapenda Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin (dua kanan) dan Kepala DPMPTSP Kota Pekanbaru M Jamil (dua kiri) menjelaskan pada peserta Rakernas Bapenda tentang layanan di MPP Pekanbaru saat berkunjung, Jumat (6/12/2019)

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Rangkaian Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) se-Indonesia berakhir, Jumat (6/12/2019). Kegiatan ditutup dengan para peserta berkeliling Pekanbaru mengikuti city tour dan mengunjungi Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru meninjau pelayanan pajak yang ada disana.MPP Pekanbaru adalah pusat pelayanan perizinan terlengkap di Indonesia dengan hampir 200-an layanan diberikan. Disana juga terdapat pelayanan pembayaran pajak bagi warga Kota Pekanbaru. Inilah yang kemudian menarik para kepala Bapenda kabupaten/kota se-Indonesia untuk dilihat dan dipelajari.

Sebelumnya, rangkaian Rakernas Bapenda se-Indonesia sudah dimulai, Rabu (4/12) malam, dengan welcome dinner di Balai Pauh Janggi Gedung Daerah Provinsi Riau dan para peserta disambut Gubernur Riau Drs Syamsuar MSi. Pada Kamis (5/12) pagi, sekitar 200-an kepala Bapenda kabupaten dan kota se-Indonesia berkumpul dalam rakernas di SKA Co Ex. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wali Kota (Wako) Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT.

Kepala Bapenda Kota Pekanbaru H Zulhelmi Arifin SSTP MSi mengatakan, bahwa kunjungan para peserta ke MPP Pekanbaru ini merupakan bagian dari Rakernas Bapenda seluruh Indonesia yang diselenggarakan di Kota Pekanbaru. ''Beberapa permasalahan pajak daerah dibahas dalam rakernas itu. Selain itu bagaimana cara pengolahan pajak daerah itu bertransformasi dari cara biasa ke cara yang luar biasa,'' kata Zulhelmi.Zulhelmi melanjutkan, perwakilan Bapenda se-Indonesia datang saling berbagi inovasi, terobosan dan pengalaman. ''Mereka melihat seperti apa kita dalam upaya peningkatan dari sektor pajak. Bagaimana layanan yang kita berikan ke para wajib pajak,'' imbuh Zulhelmi.

Dikatakan Ami, begitu Kepala Bapenda Kota Pekanbaru ini akrab disapa, saat ini para wajib pajak juga dimudahkan dengan berbagai layanan yang diberikan, seiring dengan berkembangnya teknologi melalui layanan e-commerce. ''Para wajib pajak tidak perlu lagi datang ke Bapenda, mereka dapat mengakses layanan yang bekerja sama dengan Bapenda,'' urai Ami.Para kepala Bapenda saat di MPP Pekanbaru diajak berkeliling mengunjungi masing-masing tenant yang ada. Mereka juga berinteraksi dengan beberapa tenant yang ada untuk mengetahui layanan yang diberikan.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru H Muhammad Jamil MAg MSi mengatakan, para kepala Bapenda se-Indonesia ini penasaran dengan MPP Pekanbaru. Para kepala Bapenda ini berkunjung untuk melihat bagaimana sistem layanan dan seperti apa suasana di dalamnya. ''Dengan kunjungan ini, kami merasa bersyukur. Mereka juga menikmati pelayanan yang ada di Pekanbaru. Selain itu, mereka juga melihat seperti apa layanan yang ada di sini,'' tutur Jamil.(Al/Hen).


Berita Lainnya...

Tulis Komentar